Komputer

Saya saat ini sedang berkuliah di bidang komputer. Saya diajari untuk berpikir seperti komputer, dengan hanya modal logika di kepala.

Dari situ saya berpikir, apa jadinya dunia ini jika semua manusia bertindak seperti komputer? Apakah semua akan teratur? Semua lebih tertata rapi?

Mungkin hal yang pertama kali kita sadari adalah mereka menjadi kaku. Mereka tidak punya abu-abu. Mereka hanya tahu benar dan salah. Tidak ada pertengahan. Andai kata ada pertengahan, mungkin ada tepat di tengah. Tiap-tiap informasi yang masuk memiliki nilai eksak.

Tidak memiliki hati. Tidak ada namanya simpati. Tidak ada teman. Semua bekerja sendiri. Memiliki kepentingan sendiri. Anda mati, Anda akan mati sendiri. Tidak ada yang mengurus jasad Anda. Orang-orang akan berjalan melewati mayat Anda yang sudah membusuk. Yang hanya ada di otak mereka hanyalah kerja, data, dan keluaran.

Sebaliknya, mereka jadi semakin tersistem, rapi, dan prosedural. Setiap ada perintah, mereka akan jalankan dengan ketelitian yang sangat tinggi. Tidak akan ada namanya keliru atau ceroboh.

Semua orang akan patuh terhadap perintah. Tanpa mempertanyakan setiap perintah yang diberikan, baik atau buruk, berimbas atau tidak, tidak peduli. Tidak ada perlawanan, revolusi, atau ketidakterimaan. Semua jalan.

Tentu saja untuk menjalankan semua manusia perlu seorang user yang berkuasa atas mereka. Orang yang menjadi dalang dari semua boneka yang terjajar di panggung. Orang di belakang layar yang tidak ada yang pernah mengenali, namun bertugas memberi cerita.

Inilah gambaran masyarakat kita sekarang. Setiap hal yang kita lihat di masyarakat, dan membuat kita berpikir ulang akan persepsi kita, sesungguhnya sudah ada yang mengatur. Siapa? Saya tidak tahu, dan begitu juga jutaan masyarakat Indonesia yang dengan polosnya menelan mentah-mentah setiap berita yang muncul di TV.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s